Wednesday 7 March 2012

Ini Dia Rahasia Pria Swedia yang Bisa Tetap Hidup Walau 2 Bulan Terkubur di Salju




Ini Dia Rahasia Pria Swedia yang Bisa Tetap Hidup Walau 2 Bulan Terkubur di Salju

Ia seorang pria berkebangsaan Swedia. Umurnya sudah 45 tahun. Namun, ia berhasil bertahan hidup selama sekitar 2 bulan tanpa makan. Tak hanya itu, selama 2 bulan itu ia terjebak sendiri di dalam mobil yang terkubur salju. Menurut pengakuannya, ia sudah berada di dalam mobilnya itu sejak 19 Desember 2011. Dan ia baru selamat pada Jumat, 17 Februari 2012 setelah ditolong oleh salah seorang polisi setempat bernama Ebbe Nyberg. Mobil itu ditemukan oleh Nyberg di sebuah jalur hutan sekitar 1 km dari jalan utama di bagian utara Swedia. Saat itu, Nyberg bersama mobil pembersih salju hendak membersihkan gumpalan salju yang menutupi jalanan di kawasan itu. Ia mengira mobil pria malang itu mengalami kerusakan. Namun, ia melihat ada pergerakan di dalam mobil. Karenanya, ia menghampiri mobil itu dan menolong pria malang itu. Saat ditolong, pria malang itu tergeletak di kursi belakang mobilnya dengan terbungkus di dalam kantung tidur.


Nyberg menceritakan bahwa pria itu berada dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Fisiknya menjadi sangat lemah. Ia berhasil selamat dari kondisi itu karena mengkonsumsi salju. Setelah diselamatkan, pria itu segera dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Umea, dan mendapatkan perawatan intensif.

Menurut polisi, suhu di daerah itu sempat mengalami penurunan hingga minus 30C. Namun, menurut polisi, tak ada alasan untuk meragukan kesaksian pria tersebut.

Dokter di Rumah Sakit Universitas Umea menjelaskan bahwa normalnya, manusia akan sanggup bertahan hidup tanpa makanan selama empat minggu. Adapun pria itu disinyalir sanggup bertahan selama itu karena ia memasuki sebuah kondisi yang bernama hibernasi, yaitu kondisi ketidakaktifan dan penurunan metabolisme yang ditandai dengan suhu tubuh yang lebih rendah, pernapasan yang lebih perlahan, serta kecepatan metabolisme yang lebih rendah. Hibernasi biasa dilakukan oleh beruang untuk bertahan hidup selama berminggu-minggu di kondisi salju yang sangat dingin. [Tika/Mizan.com/Diolah dari BBC]

No comments:

Post a Comment